No
|
Komponen
|
Fakta
|
Pemahaman
|
1
|
Facility
structure
|
1.
Classical economic analysis had been deficient
in that it neglected the importance of facility location to operating
performance. When economists studied supply-and-demand relationships within a
variety of market structures,locations advantages and transportations cost
differentials were often assumed to be either nonexistent or equal among
competitive firms. Business, in contrast,cannot neglect the impact of
locations structure upon its ability to realize an adequate return on
investment. The network of facilities selected by an enterprise’s management
is fudamental to ultimate logistical results. The number,size, and
geographical arrangement of facilities operated or used bear a direct
relationship to the enterprise’s customer service dapabilities and
corresponding logistical cost outlay.
2. A realistic appraisal of competion makes it clear that all business transactions must be developed with and between a given framework of location points. 3. The facility network of an enterprise represents a series of locations to which and through which material and products move. 4. The importance of selecting the best possible network of facilities cannot be overemphasized. Although relocation of all facilities at one time would be inconceivable for an enterprise, considerable latitude remains in location selection and facility design over a period of time. |
Analisis
ekonomi klasik kurang memadai karena mengabaikan pentingnya lokasi dan
fasilitas terhadap kinerja operasi. Ketika para ekonomi mempelajari hubungan
penawaran dan permintaan di berbagai struktur pasar, kelebihan lokasi dan
perbedaan biaya transportasi seringkali dianggap tidak ada sama sekali atau
sama di antara perusahaan kompetitif. Bisnis, sebaliknya, tidak dapat
mengabaikan dampak struktur lokasi pada kemampuannya untuk mewujudkan
pengembalian investasi yang memadai. Jaringan fasilitas yang dipilih oleh
manajemen perusahaan sangat penting bagi hasil logistik utama. Pengaturan
jumlah, ukuran, dan fasilitas yang digunakan berpengaruh besar terhadap
kemampuan pelayanan pelanggan
perusahaan dan biaya pengeluaran logistik yang sesuai.
Penilaian persaingan yang realistis memperjelas bahwa semua transaksi bisnis harus dikembangkan dengan antara kerangka titik lokasi yang diberikan. Jaringan fasilitas perusahaan merupakan rangkaian lokasi dimana dan melalui mana material dan perpindahan produk. Pentingnya memilih jaringan fasilitas terbaik mungkin tidak terlalu ditekankan. Meskipun relokasi semua fasilitas pada satu waktu tidak terbayangkan untuk suatu perusahaan, cukup banyak lintang tetap dalam pemilihan lokasi dan rancangan fasilitas selama periode waktu tertentu. |
2
|
Transpotation
|
1. Given
a facility
network,transportation
provides the connecting link. Transportation and traffic management have
received considerable attention over the years. Almost every enterprise of
any size has a traffic manager responsible for administration of its
transportation program.
2. Generally, an enterprise has three alternatives in establishing transportation capability. Firts, a private fleet of equipment may be purchased or leased. Second, specific contracts may be arranged with transport specialist to provide contract movement service. Third, an enterprise may engage the services of any legally authorized transport company that offers point-to-point transfer at specified charges. These three forms of transport are known as private, contract, and common carriage. Form the logistical system viewpoint, three factors are of primary importance in establishment of the transport service capability: (1) cost,(2) speed, and (3) consistency. 3. The cost of transport accrues from the actual payment for movement between two points, plus the expenses related to owning in-transit inventory. Logistical systems should be designed to minimize the transport cost in relation to the total system. |
Dengan adanya jaringan fasilitas, transportasi menyediakan
penghubung. Manajemen transportasi dan lalu lintas telah mendapat banyak perhatian
selama ini. Hampir setiap perusahaan dari berbagai ukuran memiliki manajer
lalu lintas yang bertanggung jawab atas administrasi program transportasinya.
Umumnya perusahaan memiliki tiga alternatif dalam membangun kemampuan transportasi. Firt, armada peralatan pribadi bisa dibeli atau disewa. Kedua, kontrak spesifik dapat diatur dengan spesialis transportasi untuk menyediakan layanan pergerakan kontrak. Ketiga, perusahaan dapat melibatkan layanan dari perusahaan transportasi yang berwenang secara legal yang menawarkan transfer point-to-point dengan biaya tertentu. Ketiga bentuk transportasi ini dikenal sebagai kereta pribadi, kontrak, dan umum. Bentuk sudut pandang sistem logistik, tiga faktor sangat penting dalam pembentukan kemampuan layanan transportasi: (1) biaya, (2) kecepatan, dan (3) konsistensi.
Biaya transportasi berasal dari pembayaran aktual untuk pergerakan
antara dua poin, ditambah biaya yang berkaitan dengan memiliki persediaan
dalam transit. Sistem logistik harus dirancang untuk meminimalkan biaya
transportasi sehubungan dengan total sistem.
|
3
|
Inventory
|
1.
The requirement for transport facilities is
based on the inventory policy followed by an enterprice. Theoretically, an
enterprice could stock each and every item carried in inventory in the same
quantity at every facility.
2.
The objective of committing as few assets to
inventory as possible. The answer to a sound inventory program is found in
selective deployment centering on four factors: (1) customer qualities (2)
produk qualities (3) tranport integration, and (4) competitor performance
3. Most enterprices experience a substantial variance in the volume and profitability of individual products within a product line.Often, the typical enterprise with a wide assortment finds that 20 per cent of the products marketed account for 80 per cent of the profit. 4. Selection of a product asssortment to beto be stocked at specific facility will have a direct impact on transportation cost.most transpoertation rates are based on shipment size. |
Persyaratan sarana
transportasi didasarkan pada kebijakan inventarisasi yang diikuti oleh harga
saham. Secara teoritis, harga saham dapat mencatat setiap barang yang dibawa
dalam persediaan dalam jumlah yang sama di setiap fasilitas.
Tujuan untuk melakukan sesedikit mungkin inventori aset. Jawaban atas program inventarisasi suara ditemukan dalam penyebaran selektif yang berpusat pada empat faktor: (1) kualitas pelanggan (2) kualitas produk (3) integrasi tranport, dan (4) kinerja pesaing.
Kebanyakan enterprices
mengalami variasi yang substansial dalam volume dan profitabilitas produk
individual di dalam lini produk. Seringkali, perusahaan biasa dengan beragam
macam menemukan bahwa 20 persen dari produk yang dipasarkan mencapai 80
persen dari keuntungan.
Pemelihan produk yang dipasok
pada pada fasilitas tertentu sangat berpengaruh pada biaya transportasi
karena hampir semua biaya transportasi tergantung pada ukuran barang atau
berat.
|
4
|
Communication
|
1. Communication
is an often-neglectmactivity in the logstical system. In the past such
neglect was due in part to the lack of data-processing and data-transmission
equipment capable of handling the necessary flow of information. A more
important reason, however, has been the lack of understanding regarding the
impact rapid and accurate communication can have upon logistical performance.
2. Because a great deal of logistical flow takes place in anticipation of future transactions, an inaccurate appraisalcan result in inventory deficiency or inventory over commitment. 3. The speed of information flow is also directly related to the integration of facilities, transportation, and inventory. |
Komunikasi sering menjadi kelalaian dalam sistem logistik. Di masa
lalu, kelalaian tersebut sebagian disebabkan oleh kurangnya peralatan
pengolahan data dan transmisi data yang mampu menangani arus informasi yang
diperlukan. Namun, alasan yang lebih penting adalah kurangnya pemahaman
mengenai dampak komunikasi yang cepat dan akurat terhadap kinerja logistik.
Karena banyak arus logistik terjadi untuk mengantisipasi transaksi di masa depan, penilaian yang tidak akurat dapat mengakibatkan kekurangan persediaan atau inventarisasi atas komitmen.
Kecepatan arus informasi juga terkait langsung dengan integrasi
sarana, transportasi, dan inventarisasi
|
5
|
Handling
and Storage
|
1.
In a broad sense,handling and storage involves
movement,packaging and containerization. Handling accounts for a great deal
of the cost of logistics in terms of operations and capital expenditure. It
stands to reason that the fewer times a product has to be handled in the
total process, the less restricted and more potentially efficient will be the
total physical flow.
|
Dalam
arti luas, penanganan dan penyimpanan melibatkan pergerakan, pengemasan dan
kontruksi. Penanganan menyumbang banyak biaya logistik dalam hal operasi dan
belanja modal. Dengan alasan bahwa semakin sedikit produk yang harus
ditangani dalam proses total, semakin sedikit hambatan dan efisiensi akan
menjadi aliran fisik total.
|
Kesimpulan:
Kekuatan utama logistic itu terletak pada pengembangan teknik dan
konsep untuk penanganan komponen-komponen berdasarkan suatu basis yang terpadu.
Teknologi sistmen memberikan kerangka untuk menilai alternative-alternatif
desain logistic atau basis total biaya. Terdapat suatu orientasi system yang
bertolak belakang dengan pendekatan yang tradisional dalam menangani kegiatan
manajemen logistic berdasarkan basis yang terpisah atau tersebar. Dalam konteks
yang strategis, focus pusat dari logistic adalah komitmen pada persediaan. Produk
dan material dipandang sebagaimana mestinya yaitu sebagai kombinasi dari
kegunaan (utility),bentuk,waktu,tempat, dan kepemilikan. Persediaan tidak
banyak gunanya sebelum bentuknya (form) ditempatkan pada waktu yang tepat pada
lokasi dimana ia memberikan kesempatan untuk menikmati kepemilikan. Jika, sebuah
perusahaan tidak secara konsisten memenuhi kebutuhan waktu dan tempat, maka ia
tidak secara efesien dapat dicapai, maka laba dan pengembalian atas investasi
akan dibayarkan. Sebelum kegunaaan waktu dan tempat dapat dicapai, maka sedikit
sekali kalaupun ada, nilai yang dapat ditambahkan kepada proses logistic.
Komentar
Posting Komentar